Datang pertanyaan ke admin tentang bagaimana membedakan madu asli dan madu palsu. Meskipun telah banyak yang memposting masalah ini, tapi ada baiknya sebagai pelengkap informasi kami hadirkan info dan tips praktis membedakan madu asli dan palsu.

Untuk mendeteksi kemurnian dan keaslian madu ada beberapa cara :

  1. campurkan empat tetes yodium yincture ke dalam dua puluh lima (25) tetes madu, kemudian aduk sampai rata. Bila warnanya berubah menjadi hitam dipastikan madu tersebut palsu yang telah atau terbuat dari gula. Yang asli warna madu tetap seperti semula dan menjadi gelap kemerah-merahan.
  2. aduklah sampai tiga sendok madu dalam segelas air, biarkan selama beberapa waktu. Bila terdapat endapan butiran berwarna hitam, maka madu tersebut palsu. Madu asli akan terlihat endapan berwarna cokelat muda (kekuning-kuningan).
  3. panaskan setengah sendok makan madu di atas lilin, bila madu asli setelah mendidih ia akan berbuih banyak dan akan tumpah. Madu palsu buihnya kecil-kecil dan tidak tumpah.
  4. kocok madu murni dalam botol yang tidak berisi penuh  selama dua menit. Madu asli akan terdapat butiran gelembung merata secara keseluruhan dan warna madu asli akan menjadi lebih muda (lebih putih). Dan setelah dibiarkan beberapa waktu, madu akan berubah kembali ke warna seperti semula dengan tetap berbuih.
  5. madu yang dipanen di hutan, akan mengandung tepung sari bunga (bee pollen), tepung sari bunga tersebut akan terlihat dengan jelas dengan alat mikroskop berbentuk segitiga berwarna kuning.