Madu

Madu yang merupakan suplemen food dan sebagai obat alami telah lama dikenal oleh manusia sejak zaman Mesir maupun Yunani Kuno. Sampai sekarang ini dimana para ahli ilmu kesehatan dan kedokteran modern pun mengakui akan komposisi dan kandungan gizi yang terdapat di dalam madu terbukti efektif dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Hal ini membuktikan kebenaran firman Allah di dalam Al Qur’an yang mengatakan : “ Dari perut lebah itu keluar minuman (madu ) yang bermacam-macam warnanya dan di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya yang demikian itu merupakan tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang yang berpikir. “ (Al Qur’an Surat An Nahl ayat 69).

Serta hadist Rasulullah dalam riwayat Al Bukhori : “ Kesembuhan itu ada pada 3 macam, kemudian beliau menyebutkan salah satunya adalah Madu.

Di zaman modern ini madu sangat cocok untuk di konsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak sebagai healthy supplement food (makanan kesehatan tambahan) yang berfungsi sebagai penambah stamina dan juga sebagai proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari tubuh manusia).

Di mana toksin atau racun tersebut berasal dari lingkungan yang tidak sehat seperti asap rokok, asap kendaraan dan lain sebagainya. Ataupun juga makanan yang mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu alangkah baiknya orang yang mengatakan : “ Jangan lewatkan hari ini walaupun dengan meminum sesendok madu.”.

KANDUNGAN GIZI YANG TERDAPAT DALAM MADU

Kandungan gizi yang terdapat dalam madu antara lain: air, levulusa ( d- fruktosa),dekstrosa(d- glukosa), sukrosa,dekstrin, protein, acid-acid tumbuhan, garam –garam galian, gum, resin, debunga, tinggi vitamin C dan mengandung semua jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh. Selain itu juga kaya akan mineral-mineral seperti zat besi, tembaga , silicon, khlor, kalsium, potassium, sodium, fosfor, dan alumunium.

MADU MENGKRISTAL ATAU BERUBAH WARNA

Kebanyakan madu pada suhu dingin akan terjadi pengkristalan atau berubah warna keputihan, hal ini disebabkan oleh kandungan zat yang ada pada madu yang bernama dektrosa.

Apabila suhu dingin dektrosa dapat mengkristal sesuai dengan zat tersebut, seperti dijelaskan oleh Prof, D.T.H. Sihombing, Guru besar IPB (Institut Pertranian Bogor) dalam bukunya Ilmu Ternak Lebah Madu, cetakan pertama Februari 1997, Penerbit Gajah Mada Press Jogjakarta.

Madu dapat dinormalkan kembali dengan cara memanaskan botol madu yang bergranulasi (mengkristal), ke dalam air yang bersuhu tidak lebih 60 0 Celcius kurang lebih 30 menit dalam keadaan tutup botol terbuka. M adu siap untuk dikonsumsi kembali.

BEE POLLEN ( ROTI LEBAH)

Bee pollen merupakan salah satu jenis produk perlebahan yang mempunyai multi manfaat sebagai makanan kesehatan. Tepung sari ini berupa butiran yang sangat kecil yamg diolah secara alami oleh lebah , dikumpulkan dari arther bunga jantan bercampur dengan nectar yang dihisap dan liur lebah yang disimpan di kantung yang berbeda antara kedua kaki belakang lebah pekerja.

Bee Pollen mengandung 18 macam asam amino (protein essencial ) , asam lemak essensial, 14 jenis mineral, Vitamin A , B, C, D, E, hormon pertumbuhan, hormon reproduksi serta berbagai substansi lainnya berupa alkaloid yang menjadi khasiat dalam melakukan stabilasi metabolisme sel dan pertumbuhan sel normal(regenerasi-rehabilitasi) pada umumnya.

Melihat bee pollen yang kaya akan asam amino essensial di mana sangat berguna untuk membangun dan memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh kita, maka kerap disebut INTISARI KEHIDUPAN.

Manfaat Bee Pollen

InsyaAllah : memperlambat penuaan/ melembutkan kulit dan untuk lulur, memperlancar metabolisme tubuh serta menstabilkan jantung dan mengurangi kolesterol, mengobati luka dalam (bekas operasi), sakit organ dalam), merangsang syaraf kembali normal, meningkatkan fungsi hati dan pencernaan.

Mengobati gangguan usus, lambung, diabeters, insomania, penyempitan pembuluh darah, mencegah pendarahan otak, mencwegah kanker, anti oksidan, sembelit, meningkatkan stamina, fungsi jantung, mencegah penyakit tua sebelum waktunya, dan untuk kecantikan, mengobati rahim dan menyuburkan kandungan mensuplai gizi bagi kecerdasan otak janin.