Pertanyaan:

APAKAH BENAR MADU ASLI TIDAK BEKU JIKA DIMASUKKAN KULKAS / FREZER?

Jawaban:

Tidak benar. Bagi orang yang cukup paham tentang madu, tentu akan mengetahui bahwa madu murni ada yang bisa mengkristal (beku) dan ada yang tidak bisa beku.

Fakta tentang hal ini banyak tertulis dalam buku-buku tentang perlebahan yang beredar di toko-toko buku. Madu asli (murni) akan bisa mengkristal / beku, jika kadar glukosa dalam madu lebih banyak dari kadar fruktosanya.

Contoh madu yang bisa mengkristal : madu karet, kelengkeng, mente dan kaliandra.

Dan madu asli (murni) tidak bisa beku jika kadar fruktosa dalam madu lebih banyak dari kadar glukosanya.

Contoh : madu randu, rambutan, kopi, sono dan mangga.

Jadi ada yang masuk jenis madu bisa beku dan sebagian lain masuk jenis madu yang tidak bisa beku.

Jika menjumpai madu randu / kopi bisa beku atau mengkristal, kemungkinan besar madu tersebut palsu. Beku tidaknya madu tidak berpengaruh pada khasiat madu, asal terpenuhi syarat-syarat sebagai madu asli yang berkualitas.

Jika membeli madu karet, kaliandra, kelengkeng dll yang masuk jenis madu bisa beku, sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Pengkristalan pada madu akan lebih cepat terjadi pada daerah dingin / suhu di bawah 16 derajat celcius.

Pertanyaan seperti ini seringkali datang dan beberapa kali juga kami harus menjelaskan, barangkali karena pernyataan bahwa madu tidak beku berarti asli adalah sudah seperti mitos untuk madu sebagaimana mitos-mitos lain tentang madu yang sudah banyak beredar, dan sayangnya masyarakat sepertinya berpikiran bahwa madu yang asli itu harus demikian dan demikian, padahal tidaklah mutlak seperti itu. sebagaimana salah satunya telah dijelaskan di atas.